7 Analisis Penerapan Akad Musyarakah dalam Perternakan Ayam Broiler

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zihad Nur Bahri
Suharto

Abstract

Agribisnis berbasis peternakan adalah salah satu fenomena yang tumbuh pesat ketika ketersediaan lahan menjadi terbatas, karena sistem usaha pertanian memerlukan lahan yang luas namun ketersediaan lahan yang terbatas akan memicu etisiensi dan efektiftas, penggunaan lahan tersebut. Usaha pertrnakan di indonesin terdiri atas ternak sapi potong, sapi perah, kerbau, kuda, kombing. domba, ayam buras, ayam ras ptelur. ayam broiler (ayam pedaging) dan itik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sistem Kemitram bisnis Dan untuk mcngetahui prespektif ekonomi Islam terhadap Sistem Kemitraan bisnis ayam potong di Desa Legonkulon. Penelitian ini berjudul Analisis Penerapan Akad Musyarakah Dalam Peternakan  Ayam Broiler (studi kasus di Perusahaan BKJ Desa Legonkulon Kec. Legonkulan Kab Subang). Rurnusan masalah yaitu (1) Bagaimana implementasi sistem kemitraan bisnis ayam broiler di perusahaan BKI Desa Legonkulon ? (2) Apakah implemnlasi akad musyarakah sudah sesuai dengan perspekuf ekononu syariah ?. Tujuan penelitian (l) Untuk mengetahui implementasi sistem kemitraan bisnis ayam broiler di Desa Legonkulon (2) Untuk mengetahui implementasi akad musyarakah sudah sesuai dengan perspekuf ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitarif dengan metode penelitian peneliuan lapangan (field research).  pendekatan ini disesuaikan dengan tujuan pokok penelitian, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis mengenai penerapan sistem kemitraan dalam peternakan ayam broiler menurut persperkif ekonomi syariah. Berdasarkan pengamatan peneliti dalam hal ini kedua belah pihak telah mengimplementasikan konsep kemilraan sesuai dengan prinsip Ekonomi syariah Hal ini kemudian dipertegas oleh pak ahmad yaitu pemilik usaha ternak ayam yang berpendapat bahwa bukannya hanya bersifat menolong juga ini membebaskan saya dari perilaku riba

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bahri, Z. N., & Suharto. (2023). 7 Analisis Penerapan Akad Musyarakah dalam Perternakan Ayam Broiler . JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/310

References

  1. Abdurohim, Abdurohim. “Environment Conservation in Pressing Climate Change Environmental Fiqih and Islamic Law.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5, no. 1 (January 23, 2022): 2033–39. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3804.
  2. Badruzaman, Dudi, and Ahmad Ropei. “Gender Equality For Women Victims Of Violence In Household.” Al-IHKAM: Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram 12, no. 1 (June 30, 2020): 1–14. https://doi.org/10.20414/alihkam.v12i1.2141.
  3. Gumala, Y., L. Rahman, K. Septinaningrum, E. Opik, F. Ahmadi, and H. Farhana. “The Practice of Reading Approaches in Developing Students’ Reading Competency on Javanese Language among Primary School Teachers.” In INCOLWIS 2019: Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, 284. European Alliance for Innovation, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YPv6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA284&dq=info:FdqmPZbPINoJ:scholar.google.com&ots=hMcwymxwpB&sig=t3KF0xWri5obQT_xJ9Qf4WCD2qc.
  4. Julrissani, Julrissani, Miptah Parid, and Noven Kusainun. “Membangun Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di SD Muhammadiyah Karangbendo.” El Midad 12, no. 1 (2020): 1–17.
  5. Komarudin, Omang. “Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren.” AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (2022): 34–54.
  6. Nisa, Halimatun, Arif Hidayat, and Miptah Parid. “Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 6, no. 1 (February 20, 2021): 108–21. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531.
  7. Nisa, Halimatun, Miptah Parid, Arif Hidayat, and Arif Mustofa. “Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 3, no. 2 (2020): 169–82.
  8. Nugraha, L, Rahman Rahman, Syaefudin Syaefudin, K Wachidah, Septinaningrum Septinaningrum, Y Gumala, and Opik Opik. “Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom.” In Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Padang, Indonesia: EAI, 2019. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2288973.
  9. Nugraha, Lukman. “Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Zq90nd4AAAAJ&citation_for_view=Zq90nd4AAAAJ:YsMSGLbcyi4C.
  10. Nugraha, Lukman, Udin Syaefudin Saud, Tatat Hartati, and Vismaia S. Damaianti. “Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School.” PrimaryEdu: Journal of Primary Education 6, no. 2 (2022): 211–22.
  11. Nugraha, Lukman, Udin Syaefudin Sa’ud, Tatat Hartati, Vismaia S. Damaianti, and Ryan Dwi Puspita. “Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text Using ‘GOGREEN’ Learning Model.” Specialusis Ugdymas 1, no. 43 (2022): 8963–88.
  12. Opik, Opik, Rahman Rahman, D. Sunendar, L. Nugraha, Septinaningrum Septinaningrum, Yosi Gumala, Chandra Chandra, and A. Kharisma. “Early Literacy Value on Kakawihan.” In Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YPv6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA467&dq=info:ncz51HCw2YoJ:scholar.google.com&ots=hMcwymwEtx&sig=kF3YfBJQn5Wbl5NNTMThtT5wzbU.
  13. Parid, Miptah. Beyond Center Circle Time (BCCT). Yogyakarta: Fakultasi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2021. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:LkGwnXOMwfcC.
  14. ———. “Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta.” PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439.
  15. ———. “Penerapan Model Concept Attainment Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik: Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Kelas VB MI Miftahul Falah Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC.
  16. ———. “Relevansi Komunikasi Pembelajaran Dengan Materi Bahan Ajar SD/MI.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6, no. 3 (2020): 442–52.
  17. Parid, Miptah, Adi Abdurahman, and Indah Hari Utami. “Integrasi Sains Dengan Keilmuan Lain Pada Tingkat SD/MI.” AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal) 32, no. 1 (2022): 1–13.
  18. Parid, Miptah, and Afifah Laili Sofi Alif. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Tafhim Al-’Ilmi 11, no. 2 (2020): 266–75.
  19. Parid, Miptah, and Julrissani Julrissani. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12, no. 1 (2021): 114–21.
  20. Parid, Miptah, and Rosadi Rosadi. “Aliran Filsafat Dalam Pendidikan Islam Ditinjau Dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla.” Journal of Islamic Education Policy 4, no. 2 (2020). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1285.
  21. Parid, Miptah, and Indah Hari Utami. “Kerjasama Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Daring.” NIZHAMIYAH 11, no. 1 (2021). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/926.
  22. Permana, Yudi, and Meirani Rahayu Rukmanda. “Wakaf: Tinjauan Fiqh, Dasar Hukum, Dan Implementasinya Di Indonesia.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 3, no. 2 (April 22, 2021). https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/alkharaj/article/view/307.
  23. Ramadhani, Febri. “Analisis Determinan Variabel Kinerja Keuangan Terhadap Total Aset Perbankan Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, no. 1 (March 10, 2023): 500–507. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7370.
  24. Ramadhani, Febri, and Muhammad Rizkan. “Analysis of Internal and External Determinant Variables towards Profitability of Islamic Banking in Indonesia (2014-2020).” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4, no. 1 (August 31, 2021): 18–34. https://doi.org/10.31538/iijse.v4i1.1442.
  25. Rifki, Muchamad. “Internalisasi Nilai Kesantunan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi Pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=cr7Mp1QAAAAJ&citation_for_view=cr7Mp1QAAAAJ:IjCSPb-OGe4C.
  26. Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, and Udin Supriadi. “Students’ Religious Character Development Based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang.” Specialusis Ugdymas 1, no. 43 (2022): 7771–87.
  27. Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, and Miptah Parid. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru Di Sekolah.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 89–98.
  28. ———. “Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 4 (2022): 273–88.
  29. Ropei, Ahmad. “Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 4, no. 02 (November 18, 2020): 165–79. https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i02.4259.
  30. ———. “Kaidah Niat Dan Penentuan Kesengajaan Pembunuhan Dalam Hukum Islam.” Ahkam: Jurnal Hukum Islam 9, no. 1 (2021). https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/ahkam/article/view/4054.
  31. ———. “Konsepsi Fiqh Jinayah Dalam Merumuskan Sanksi Hukum Pembunuhan Mutilasi.” Al-Jinayah : Jurnal Hukum Pidana Islam 7, no. 1 (2021): 24–46.
  32. ———. “Maqashid Syari’ah dalam Pengaturan Batas Usia Pernikahan di Indonesia.” Asy-Syari’ah 23, no. 1 (August 13, 2021): 1–20. https://doi.org/10.15575/as.v23i1.10607.
  33. ———. “Pandangan Hukum Islam Terhadap Penyalahgunaan Napza Pada Anak Di Bawah Umur.” Mutawasith: Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (December 21, 2020): 122–39. https://doi.org/10.47971/mjhi.v3i2.213.
  34. ———. “The Resolution Of Criminal Cases through A Restorative Justice Approach in Islamic Law Perspective.” Jurnal Hukum Islam 18, no. 2 (2020). https://scholar.google.com/scholar?cluster=1595340146959210725&hl=en&oi=scholarr.
  35. Ropei, Ahmad, Adudin Alijaya, Muhammad Zaki Akhbar Hasan, and Fakhry Fadhil. “Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology.” Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum 56, no. 2 (December 5, 2022): 245–64. https://doi.org/10.14421/ajish.v56i2.1111.
  36. Ropei, Ahmad, Miftachul Huda, Adudin Alijaya, Fakhry Fadhil, and Fitria Zulfa. “Managing ‘Baligh’ In Four Muslim Countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the Minimum Age for Marriage.” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam 16, no. 1 (June 30, 2023): 112–40. https://doi.org/10.14421/ahwal.2023.16106.
  37. Ropei, Ahmad, and Ramdani Wahyu Sururie. “Dinamika Penjatuhan Talak Melalui Whatsapp Dalam Paradigma Pembaharuan Hukum Keluarga Islam.” AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law 11, no. 1 (June 20, 2021): 160–84. https://doi.org/10.15642/alhukama.2021.11.1.160-184.
  38. Rukmanda, Meirani Rahayu. “Konsep Rahn Dan Implementasinya Di Indonesia.” Eco-Iqtishodi : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah 2, no. 1 (2020). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/ecoiqtishodi/article/view/362.
  39. Septinaningrum, Septinaningrum, Rahman Rahman, M Supriatna, M Agustin, L Nugraha, Y Gumala, K Wachidah, and Opik Opik. “Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era.” In Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Padang, Indonesia: EAI, 2019. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2289006.
  40. Septinaningrum, Septinaningrum, W. Sopandi, M. Agustin, Y. Gumala, P. Anggraeni, A. H. Rahayu, Tursinawati Tursinawati, L. Nugraha, and Khabibur Rohman. “Improving Creative Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers through Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Project-Oriented Learning Model.” In International Conference on Elementary Education, 2:1298–1308, 2020. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/750.
  41. Syukur, Abdul, Omang Komarudin, Gustiana Isya Marjani, and Dadang Kahmad. “Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition.” Jurnal Penelitian, 2021, 181–96.
  42. Tarlam, Alam, Abdullah Zaky, and Anwar Musyaddat. “Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi.” Al-Mau’izhoh 5, no. 1 (July 11, 2023): 226–41. https://doi.org/10.31949/am.v5i1.5371.
  43. Utami, Indah Hari, and Miptah Parid. “The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 55–72.
  44. Zulfa, Fitria, Irawan Irawan, Muhammad Zaki Akhbar Hasan, and Ahmad Ropei. “Development Of Strategic Issues Of Islamic Religious College.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 3 (December 24, 2021): 28–41. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2214