Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem

Authors

  • Pipit Damayanti STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Keuangan, Mudharabhah

Abstract

Peneliti untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif ini adalah metode pelaksanaan penelitian yang meliputi penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Setelah itu, data yang sudah didapat kemudian diuji normalitas dan linearitasnya.Berdasarkan hasil analisis parsial memperoleh nilai rata-rata 76,58% dari angka ini skala penelitian berada dalam interval 60% hingga 79,99% yang berarti cukup baik, kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas, ternyata 7,493 ≤ 11,070. Dengan demikian Kualitas Pelayanan di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem (variabel X) berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis parsial memperoleh nilai rata-rata 75,46% dari angka ini skala penelitian berada dalam interval 60% hingga 79,99% yang berarti tinggi, kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas, ternyata 3,726 ≤ 11,070. Dengan demikian kepuasan nasabah di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem (variabel Y) berdistribusi normal. Berdasarkan analisis parsial diproleh nilai rata-rata 76,58% yang berada pada skala interval 60% - 79,99% yang berarti tinggi.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem, berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,451

Downloads

Published

18-11-2023

How to Cite

Damayanti, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Nahdhatul Ummah Ciasem. JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/306