Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat Melalui Platform Digital (Studi Pada Muzakki Jawa Barat)

Authors

  • Sirat Maharani
  • Anas Al Hifni Universitas Djuanda, Indonesia
  • Imam Abdul Aziz Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

Keywords:

Keputusan Muzakki, Platform Digital Zakat, UTAUT

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong inovasi pengumpulan zakat melaluit platformt digital yangt disediakant oleh lembagat zakat. Penelitiant ini bertujuant untuk mengidentifikasit berbagai faktort yang memengaruhit keputusant muzakki dalamt menunaikant zakat melaluit platformt digital yangt disediakant oleh BAZNASt. Metode penelitiant yang digunakant yaitu kuantitatift dengan pendekatant asosiatift. Adapun populasit dalam penelitiant ini adalaht para muzakkit yang berdomisilit di wilayaht Jawa Baratt. Analisist data yangt digunakant yaitu regresit logistik binert. Hasil penelitiant ini, ditemukant bahwa secarat parsial faktort yangt mempengaruhit keputusan muzakkit dalam menggunakant platformt digital zakatt BAZNASt adalah performancet expectancyt dan facilitatingt conditionst. Sementarat itu, faktort effort expectancyt dan socialt influencet tidak berpengaruht signifikant terhadap keputusant tersebut. Secarat simultant, keempat faktort dalamt model teorit UTAUT terbuktit secara bersamat-sama memberikant pengaruh terhadapt keputusan muzakkit. Hasil penelitiant ini dapatt dijadikant referensi bagit lembagat pengelola zakatt dalam menyusunt strategit digital yangt lebih optimalt guna meningkatkant partisipasit muzakki dalamt menunaikant zakat menggunakant platformt digital milikt BAZNASt.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Maharani, S., Al Hifni, A., & Aziz, I. A. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat Melalui Platform Digital (Studi Pada Muzakki Jawa Barat) . JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 91–101. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/1415

Issue

Section

Articles

Citation Check