Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Digital Marketing Terhadap Minat Generasi Z Investasi Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia
Keywords:
Digital Marketing, Literasi Keuangan Syariah, Minat InvestasiAbstract
Industri keuangan syariah Indonesia mengalami lonjakan pertumbuhan yang mencolok dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan. Namun, tingkat literasi perbankan syariah di kalangan masyarakat masih tergolong rendah, terutama di kalangan generasi Z. Di sisi lain, generasi Z sangat akrab dengan teknologi dan aktif menggunakan media digital, sehingga strategi digital marketing salah satu cara untuk menarik perhatian. Namun, efektivitas digital marketing dalam meningkatkan minat generasi Z investasi cicil emas masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Tujuannya adalah guna memahami bagaimana literasi keuangan syariah dan digital marketing berdampak pada ketertarikan generasi Z dalam memilih produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia. Studi ini lewat penerapan pendekatan kuantitatif melalui teknik survei yang didistribusikan menggunakan Google Form. Temuan studi ini mengindikasikan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah memberi pengaruh positif dan signifikan pada minat investasi cicil emas. Juga, digital marketing memberi dampak positif dan signifikan pada minat investasi cicil emas. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan dengan meningkatkan minat generasi Z dalam pengambilan keputusan berinvestasi melalui cicil emas di Bank Syariah Indonesia.



