Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Easy Wadiah

Authors

  • Rosa Noviasari
  • LF. Balgis Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • M. Apriyana Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

Keywords:

Efektivitas Iklan, EPIC Model, Sosial Media Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif iklan di platform media sosial Instagram dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk Tabungan Easy Wadiah di Bank Syariah Indonesia, serta mengevaluasi pengaruh EPIC Model (Empati, Persuasi, Dampak, Komunikasi) terhadap minat nasabah. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan metodologi. Pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dilakukan menggunakan IBM SPSS versi 26, sementara analisis efektivitas dilakukan dengan mengaplikasikan model EPIC yang dikembangkan oleh AC Nielsen. Penelitian ini melibatkan pengikut akun Instagram @lifewithbsi, dengan 90 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan di Instagram dapat dikategorikan sebagai efektif dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk Tabungan Easy Wadiah, dengan tingkat EPIC sebesar 4,07. Selanjutnya, dimensi EPIC Model (Empati, Persuasi, Dampak, Komunikasi) secara simultan memberikan pengaruh terhadap minat nasabah. Secara individual, dimensi persuasi, dampak, dan komunikasi menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat nasabah, sedangkan dimensi empati tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dalam model ini.

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Noviasari, R., Balgis, L. F., & Apriyana, M. (2025). Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Easy Wadiah. JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 1–13. Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/1409

Issue

Section

Articles

Citation Check