BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun <p><strong>BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu </strong>diterbitkan oleh Pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P3M) STAI Miftahul Huda Subang yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang multidisiplin ilmu seperti Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial, Ekonomi, Hukum, Teologi dan sebagainya. Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang multidisiplin ilmu. Jurnal ini terbit setiap enam bulan sekali.</p> <p><strong>BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu </strong>Memuat hasil kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, pengembangan, pengelolaan, pemanfaatan, evaluasi, dan penelitian dalam bidang pendidikan, Ilmu Sosial, Ekonomi, Hukum, Teologi yang merupakan hasil penelitian atau literaur Review di lembaga pendidikan formal, non-formal dan informal serta lembaga-lembaga pelatihan.</p> <p><strong>BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu</strong> merupakan media komunikasi ilmiah bagi dosen, guru, widyaiswara, mentor, mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya serta pemerhati kependidikan. Jurnal ini dimaksudkan sebagai wadah untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran, penelitian, dan evaluasi yang relevan dengan kawasan pendidikan. Artikel yang diterima dan diproses oleh redaksi adalah artikel secara substansi berhubungan dengan pendidikan Ilmu Sosial, Ekonomi, Hukum, dan Teologi.</p> en-US omangkomarudin@stai-mifda.ac.id (Dr. Omang Komarudin, M.Ag) miptahparid@stai-mifda.ac.id (Miptah Parid, M.Pd) Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Keterkaitan Al-Qur'an dan Ilmu Alam Perspektif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Di Sekolah https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/742 <p><strong>Abstract</strong>:</p> <p>Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan karakter moral individu. Integrasi antara pendidikan agama dan ilmu alam, melalui Al-Qur'an, menyediakan pendekatan yang holistik dalam menghubungkan pengetahuan ilmiah dan spiritual. Al-Qur'an, selain sebagai pedoman hidup spiritual, juga mengandung banyak ayat yang menjelaskan fenomena alam, seperti penciptaan manusia, siklus alam, dan pergerakan benda langit, yang dikenal sebagai ayat kauniyah. Integrasi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan ilmiah siswa tetapi juga memperkuat karakter moral dan spiritual mereka. Meskipun demikian, penerapan integrasi ini menghadapi tantangan, seperti pemahaman yang kurang mendalam dari para pendidik serta pemisahan antara mata pelajaran agama dan sains dalam kurikulum. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pengembangan kurikulum yang lebih holistik yang mampu menghubungkan kedua bidang tersebut dengan lebih baik. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan ilmiah yang lebih dalam, tetapi juga memahami dunia dengan sudut pandang yang lebih spiritual. Integrasi antara sains dan agama ini bertujuan membentuk generasi yang cerdas dan bijaksana, siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi pada perubahan positif dalam masyarakat, dengan membawa pengetahuan ilmiah dan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari..</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords:</strong> Integrasi Pendidikan Agama dan Ilmu Alam</p> Muamar, Kartimi, Yayan Rahtikawati Copyright (c) 2024 BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/742 Fri, 06 Dec 2024 00:00:00 +0000