Pendidikan Karakter dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah

Authors

  • Muhammad Ilyas Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Rizky Purnama STAI Miftahul Huda Subang
  • Muchamad Rifki STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Karakter, Disiplin, Sekolah

Abstract

Kecerdasan intelektual tanpa diikuti oleh akhlak dan kepribadian yang baik itu tidak ada gunanya. Pada era globalisasi ini tingginya moral seseorang juga menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalin koneksi di dunia sosial. Dalam membentuk suatu akhlak dan kepribadian yang baik tidak dapat dilakukan secara otodidak, namun perlu adanya bimbingan dan arahan dari orang lain. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mendukung perkembangan sosial, emosional dan etis peserta didik. Kedisiplian yang dimiliki seseorang bisa dilihat dari kepribadian yang dimilikinya. Pengembangan nilai kedisiplinan perlu adanya latihan dan pembiasaan yang dilakukan setiap hari secara konsisten agar menjadi sebuah karakter atau kepribadian baik yang tertanam dalam diri peserta didik. Oleh sebab itu pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik didalam kelas. Namun disetiap proses yang terjadi di dunia ini tentu tidak akan terlepas dari permasalahan yang menghambat, begitu juga dalam proses pembentukan karakter. Permasalahan tersebut terdapat dari dalam dan luar lingkungan sekolah. Permasalahan yang terjadi dari dalam lingkungan sekolah adalah pendidik yang kurang memahami karakteristik setiap peserta didik. Sedangkan dari luar lingkungan sekolah yaitu kurangnya dukungan dari orangtua, terlebih lagi peserta didik lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga, oleh karena itu peranan guru dan orang tua harus lebih diperhatikan dalam proses pembentukan karakter.

References

Hidayat, H. Syarif. 2013. “Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama ( Smp ) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan.” 1.

Judiani, Sri. 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.” 16(April)

Kalin, Jana, Cirila Peklaj, Sonja Pecjak, Melita puklek Levpuscek, and Milena Valencic Zuljan. 2017. “Elementary and Secondary School Students’ Perceptions of Teachers’ Classroom Management Competencies.” Ceps Jurnal 7(4):37–58.

Kurniawan, machful indra. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.” Pedagogia (1):41– 49.

Sakti, Bayu Purbha. 2017. “INDIKATOR PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA.” Magistra (101):1–10.

Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9(1):120–43.

Semali, Ladislaus M. and Philbert L. Vumilia. 2016. “Challenges Facing Teachers ’ Attempts to Enhance Learners ’ Discipline in Tanzania ’ s Secondary Schools.” World Journal of Education 6(1):50–67.

Parid, M. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863

Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Muhammad Ilyas, Rizky Purnama, & Muchamad Rifki. (2024). Pendidikan Karakter dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/531