Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Anisa Aulia Rahmah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang
  • Ainun Roliah STAI Miftahul Huda Subang
  • Muchamad Rifki STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Karakter, Mahasiswa

Abstract

Penerapan pendidikan karakter di kalangan pelajar bertujuan untuk membentuk calon pemimpin bangsa yang memiliki karakter yang kuat. Hal ini dilakukan melalui berbagai strategi, seperti pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan, kehidupan keseharian, dan budaya akademik. Pendidikan karakter di perguruan tinngi dianggap penting untuk memperkokoh karakter yang diperoleh siswa pada tingkat pendidikan sebelumnya. Selain itu, penerapan pendidikan karakter tidak hanya dilakukan olehcivitas akademik, tetapi juga melibatkan kerjasama dengan orang tua dan masyarakat. Upaya penerapan karakter pendidikan bagi peserta didik memerlukan komitmen yang kuat dan perlu disertai dengan pembentukan kurikulum yang jelas. Meskipun masih terdapat tantangan dalam membudi dayakan pendidikan karakter di Indonesia, pendidikan karakter di perguruan tinggi di anggap penting untuk membentuk membentuk individu yang seutuhnya. Pendidikan karakter memiliki dampak yang signifikan pada siswa dalam berbagai aspek. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwavkarakter pendidikan berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri, sikap positif, ketaatan hukum, dan perilaku siswa. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara karakter pendidikan dan kepercayaan diri siswa, serta bahwa program pendidikan karakter memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan sikap positif siswa. Selain itu, karakter pendidikan juga di anggap penting dalam membentuk peserta didik yang beretika, bermoral akademis, dan memiliki sikap yang sesuai dengan tuntutan hukum. Oleh karena itu, integritas pendidikan karakter di lingkungan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membentuk mahasiswa yang berkualitas secara holistik.

References

Rosa Susanti, “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KALANGAN MAHASISWA,” Al-Ta lim Journal 20, no. 3 (21 November 2013): 480–87, https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46

Evinna Cinda Hendriana dan Arnold Jacobus, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN,” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (31 Oktober 2017): 25, https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262.

“Pendekatan Pendidikan Karakter Euis Puspitasari Edueksos Jurnal pendidikan sosial & ekonomi 3 (2), 2016,” t.t.

Rosa Susanti, “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KALANGAN MAHASISWA,” Al-Ta lim Journal 20, no. 3 (21 November 2013): 480–87, https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46.

Parid, M. (2020). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863

Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Anisa Aulia Rahmah, Ainun Roliah, & Muchamad Rifki. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/530