STRATEGI PERKEMBANGAN DIVERSITY DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Perkembangan Diversity, Pendidikan Agama IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai strategi perkembangan diversity dalam pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode library research. Penelitian ini berasal dari data primer yang diperoleh dari hasil penelusuran terhadap beberapa referensi tentang tentang strategi perkembangan diversity dalam pendidikan agama Islam. Penelusuran terhadap berbagai referensi tentang perkembangan diversity dilakukan untuk mendapatkan data literatur yang banyak dan pemahaman yang kuat tentang sumber yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis. Data primer yang berupa pemahaman terhadap strategi perkembangan diversity dalam pendidikan agama Islam ini dianalisis dengan menggunakan analisis tematik dan conten analisis, sehingga melahirkan pemahaman dan penjelasan yang mendalam tentang strategi perkembangan diversity dalam pendidikan agama Islam. Adapun kesimpulanya adalah diversity atau keragaman, adalah istilah yang mengacu pada perbedaan yang ada di antara individu atau kelompok. Perbedaan ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti ras, etnis, gender, agama, disabilitas, dan latar belakang pendidikan. Strategi pengembangan diversity dalam pendidikan agama Islam yaitu sebagai berikut: pertama, mengembangkan kurikulum yang berbasis keberagaman. kurikulum pendidikan harus memuat materi-materi yang berkaitan dengan keberagaman. Materi-materi tersebut dapat diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran; kedua, menerapkan pembelajaran yang berbasis keberagaman. pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menumbuhkan sikap toleransi, saling menghormati, dan menghargai perbedaan. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain yang berbeda latar belakang; dan ketiga, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif akan mendorong siswa untuk menghargai perbedaan. Sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan menerapkan peraturan dan kebijakan yang mendukung keberagaman
References
Adiyono, Adiyono, Muhammad Rusdi, and Yuni Sara. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4, no. 2 (December 12, 2023): 458–64. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Dwiyani, Aryanti. “Pendidikan Islam Multikultural diSekolah.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (June 30, 2023): 68–78. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i1.1586.
Hanan, Aisyah, and Acep Rahmat. “Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (June 2, 2023): 55–66. https://doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2691.
Indawati, Ninik. “Global Diversity Character Development for Students through Economic Learning.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 3 (September 1, 2022): 2267–74. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2267-2274.2022.
Mahabbati, Aini, Tin Suharmini, Purwandari Purwandari, and Heri Purwanto. “Pengembangan pengukuran keterampilan sosial siswa sekolah dasar inklusif berbasis diversity awareness.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10, no. 1 (November 8, 2017): 11–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16792.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Minarni, Minarni, and Rohimin Rohimin. “Dimensi Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Multikultural Dan Maqashid Syariah.” Annizom 8, no. 3 (December 25, 2023): 61–68. https://doi.org/10.29300/nz.v8i3.13282.
Muharom, Fauzi. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Mas Said Surakarta.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 2 (April 9, 2023): 3187–96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13767.
Munandar, Anhar, and Encep Solihutaufa. “Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Di Sekolah: Studi Kasus SMA Negeri 1 Simpenan.” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2021): 152–56.
Nelson, Alden, Agnes Fitrian, Arini Alfa Mawatdah, Cut Tiffanny Ferina, and Erika Erika. “Analisis Diversity Mempengaruhi HR Dalam Mempertahankan Budaya Suatu Perusahaan.” Jurnal Mirai Management 8, no. 2 (June 19, 2023): 179–85. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4772.
Riyadi, Ivan. “Manajemen Diversity Dan Kesetaraan Dalam Lembaga Pendidikan Islam: Suatu Analisis Realitas Sosial.” Mawaizh : Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 10, no. 2 (n.d.): 2019.
Slamet, Slamet, Moh Yusrul Hana, and Suratman Suratman. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter Di Mts Al Mujahidin.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 03 (September 28, 2023): 93–101. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.138.
Slameto, Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671
Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082
Nugraha, L., Rahman, R., Syaefudin, S., Wachidah, K., Septinaningrum, S., Gumala, Y., & Opik, O. (2019). Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2288973
Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.
Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.
Opik, O., Rahman, R., Sunendar, D., Nugraha, L., Septinaningrum, S., Gumala, Y., Chandra, C., & Kharisma, A. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YPv6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA467&dq=info:ncz51HCw2YoJ:scholar.google.com&ots=hMdAxsvBrD&sig=XpO9GkixPf5OnuFLxofltPgwQ0I
Parid, M. (2018). Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Parid, M. (2020a). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439
Parid, M. (2020b). Relevansi Komunikasi Pembelajaran Dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243
Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863
Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Septinaningrum, S., Rahman, R., Supriatna, M., Agustin, M., Nugraha, L., Gumala, Y., Wachidah, K., & Opik, O. (2019). Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2289006
Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.
Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.