MEMAHAMI DIVERSITAS SOSIOKULTURAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN

Authors

  • Misbah Hadriana STAI Miftahul Huda Subang
  • Nurhalipah STAI Miftahul Huda Subang
  • Lukman Nugraha STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Diversitas, Sosiokultural, Pendidikan

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di antara dua benua dan dua Samudra sehingga menjadi sebuah negara yang strategis dan berkembang dalam berbagai factor. Indonesia mempunyai daya Tarik yang terkenal di semua penjuru dunia karena keberagaman yang dimiliki, seperti agama atau kepercayaan, nilai atau norma, Bahasa, budaya, dan lainnya. Dengan keberagaman tersebut menimbulkan adanya diversitas sosiokultural. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan literatur riview yang mana mengunpulkan, mengevaluasi, dan menyimpulkan dari buku maupun artikel dengan diversitas sosiokultural dalam konteks Pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang adanya diversitas sosiokultural dengan saling menghargai, menjunjung tinggi hak asasi manusia, melestarikan kebudayaan supaya menjadi bangsa yang menyeluruh dan adil

References

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Kosassy, S. O. S. A., Sos, S., & Si, M. (2016). Diversitas Sosiokultural Dalam Pendidikan Multikultural Dan Gender. Jurnal PPKn & Hukum Vol. 11 No. 2 Oktober 2016, 11(2), 34–45.

M. SUTALHIS, M. S., & NOVARIA, E. (2023). Pembelajaran Multikultural: Memahami Diversitas Sosiokultural Dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(3), 112–120. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.181

Nasution, F., & Azzahra, A. R. (2023). Diversitas Sosiokultural: Penjelasan, Faktor, dan Manfaatnya dalam Masyarakat. Khatulistiwa: Jurnal …, 3(2), 249–259. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/Khatulistiwa/article/view/1893%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/Khatulistiwa/article/download/1893/1490

Rohman, M., & Mukhibat, M. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi Di Man Yogyakarta Iii. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 31. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.1771

Ashri, Karunia, H.H, & Irwansyah (2021). Perspektif Sosiokultural Dalam Dunia Pendidikan: Studi Kasus Pada Proses Pembelajaran Second "Language" Dan Pembentukan Motovasi Diri Mahasiswa Pendatang

Istiqomah (2021). Implikasi Sosiokultural Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Dasar.

Teori_Sosio_Kultural. (n.d.).

Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671

Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082

Nugraha, L., Rahman, R., Syaefudin, S., Wachidah, K., Septinaningrum, S., Gumala, Y., & Opik, O. (2019). Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2288973

Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.

Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.

Opik, O., Rahman, R., Sunendar, D., Nugraha, L., Septinaningrum, S., Gumala, Y., Chandra, C., & Kharisma, A. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YPv6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA467&dq=info:ncz51HCw2YoJ:scholar.google.com&ots=hMdAxsvBrD&sig=XpO9GkixPf5OnuFLxofltPgwQ0I

Parid, M. (2018). ‪Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung‬ [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC‬‬‬‬

Parid, M. (2020a). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439

Parid, M. (2020b). Relevansi Komunikasi Pembelajaran Dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863

Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Septinaningrum, S., Rahman, R., Supriatna, M., Agustin, M., Nugraha, L., Gumala, Y., Wachidah, K., & Opik, O. (2019). Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2289006

Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.

Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Misbah Hadriana, Nurhalipah, & Lukman Nugraha. (2024). MEMAHAMI DIVERSITAS SOSIOKULTURAL DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/428