MEMBANGUN JEMBATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: MERAYAKAN SUASANA SEKOLAH YANG MENERIMA KEBERAGAMAN
Keywords:
Pendidikan Multikultural, GuruAbstract
Artikel ini membahas tentang konsep dan implementasi pendidikan multikultural sebagai langkah penting dalam menciptakan iklim sekolah inklusif. Penekanannya adalah pada "Membangun Jembatan dalam Pendidikan Multikultural: Menciptakan suasana sekolah yang menerima keberagaman"; Penelitian ini mengkaji prinsip-prinsip dasar pendidikan multikultural dan bagaimana penerapannya dapat menciptakan lingkungan belajar yang mengakui, menghargai dan menghormati keberagaman budaya, suku, agama dan latar belakang lainnya. Pembahasan akan menganalisis peran guru dalam menciptakan suasana inklusif, mempertimbangkan strategi pengajaran, kurikulum yang mencerminkan keberagaman, dan upaya menciptakan keberagaman dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Artikel ini juga mengeksplorasi dampak positif pendidikan multikultural terhadap perkembangan siswa, termasuk keterampilan interpersonal, pemahaman antar budaya, dan kontribusi positif kepada masyarakat. Selain menyikapi keberhasilan, tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapan pendidikan multikultural di lingkungan sekolah juga dijelaskan dan dianalisis. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, artikel ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai prasyarat dan kemungkinan berkembangnya iklim sekolah inklusif. Hasil penelitian ini memberikan dasar rekomendasi praktis untuk meningkatkan implementasi pendidikan multikultural di sekolah. Sebagai kesimpulan, artikel ini menyoroti pentingnya pendidikan multikultural dalam menciptakan masyarakat inklusif dan menghormati keberagaman sebagai kekuatan bersama yang memperkaya dan menyatukan seluruh komunitas sekolah.
References
Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671
Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082
Nugraha, L., Rahman, R., Syaefudin, S., Wachidah, K., Septinaningrum, S., Gumala, Y., & Opik, O. (2019). Environmental Literacy for Elementary Students Based on Sundanese Local Wisdom. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2288973
Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.
Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.
Opik, O., Rahman, R., Sunendar, D., Nugraha, L., Septinaningrum, S., Gumala, Y., Chandra, C., & Kharisma, A. (2019). Early Literacy Value on Kakawihan. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YPv6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA467&dq=info:ncz51HCw2YoJ:scholar.google.com&ots=hMdAxsvBrD&sig=XpO9GkixPf5OnuFLxofltPgwQ0I
Parid, M. (2018). Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Parid, M. (2020a). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439
Parid, M. (2020b). Relevansi Komunikasi Pembelajaran Dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243
Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863
Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Septinaningrum, S., Rahman, R., Supriatna, M., Agustin, M., Nugraha, L., Gumala, Y., Wachidah, K., & Opik, O. (2019). Multiliteracy in The Rite of Grebeg Pancasila as aMedium for Character Education in Digital Era. Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia, Padang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2289006
Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.
Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72
Januarti, Agi, Amrazi Zakso, and Supriadi Supriadi. "IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 7.12 (2018).
Arfa, Arman Man, and Mohammad Amin Lasaiba. "Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan." GEOFORUM 1.2 (2022): 36-49.
Yusditiani, Afnania, et al. "Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah." PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 1.1 (2021): 30-37.
Pradissa, R. K. A., Mansur, R., & Muslim, M. (2020). PERANAN GURU DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMKN 01 AMPELGADING KAB. MALANG. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 127–133.
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Sudjana. 1997. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Banks, JA. 1993. Multicultural Education: Historical Development, Dimention an Practice. Review of Research in Education. Vol.19. p.254.
Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta
Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.