Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada anak Kelompok B di RA Darul Qur’an Wanajaya Kecamatan Tambakdahan Subang

Authors

  • Alam Tarlam STAI Miftahul Huda Subang
  • Abdullah Zaky STAI Miftahul Huda Subang
  • Iis Sakinah STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Kemampuan, Berhitung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sebuah permasalahan rendahnya tingkat peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencap dengan menggunakan pelepah pisang pada kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Fokus masalah penelitian adalah bagaimana penerapan kegiatan mengecap untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui kegiatan mengecap dengan media pelepah pisang pada siswa kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 13 anak, meliputi 5 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi anak, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Langkah penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang dapat mempengaruhi peningkatan kreativitas anak di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian pada prasiklus sebagai hasilnya, hanya 1 anak dari total 13 anak yang berhasil mencapai tingkat ketuntasan dalam kegiatan tersebut sebesar 7,69% kategori peningkatan mencetak anak dan kategori peningkatan kreativitas anak sebesar 15,38%, pada siklus I hanya ada 3 anak yang mencapai tingkat ketuntasan dari total 13 anak yang terlibat peningkatan mencap anak 23,07% dan peningkatan kreativitas anak sebesar 23,07%, dan pada siklus II terdapat 11 orang anak dari 13 anak yang mencapai ketuntasan dalam kegiatan mencap sebesar 84,61% peningkatan mencetak anak dan peningkatan kreativitas anak sebesar 84,61%. Simpulan penelitian adalah kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini kelompok B di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan

References

Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan/article/view/103

Alijaya, A. (2019). Argumen Ekopedagogi Dalam Al-Qur’an. Penerbit K-Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SxVEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:sVKGP5mzWc4J:scholar.google.com&ots=bIZ1H21gbz&sig=ZPMD_E9_2Bd8uzCx5cC3Il5Un_g

Alijaya, A. (2020). Konstruksi ‘Ubudiyah dalam Pembelajaran Perspektif Tafsir. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 1–5.

Alijaya, A. (2022). Peta Al-Jashshash Dalam Kajian Tafsir Fiqhy (Analisis terhadap Kitab Ahkam Al-Qur’an). AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–26.

Asmawi, M., & Tarlam, A. (2023). Great Human Potential Islamic Perspective. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i3.15

Hartini, K. D. H., Sukatma, & Parid, M. (2023). Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan: Kreativitas; Pelepah Pisang; JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), Article 1.

Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.

M Yunus, B., Nurhasanah, S., Irwansyah, S., & Saepulah. (2020). Religiusity of Indigenous Communities in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 4071–4077.

Musyaddat, A., Rais, M. S., & Tarlam, A. (2024). AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK: AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), Article 2.

Nasrudiansyah, I., & Alijaya, A. (2023). Kajian Yuridis Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Ditinjau Berdasarkan Hukum Islam. MIM: Jurnal Kajian Hukum Islam, 1(1), 39–64.

Nisa, H., Hidayat, A., & Parid, M. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182.

Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671

Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082

Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.

Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.

Parid, M. (2018). ‪Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung‬ [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-8BP5XoAAAAJ&citation_for_view=-8BP5XoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC‬

Parid, M. (2020a). Komunikasi Interpersonal Antara Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Kelas VI A MIN 1 Yogyakarta [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/1103439

Parid, M. (2020b). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 442–452.

Parid, M., Abdurahman, A., & Utami, I. H. (2022). INTEGRASI SAINS DENGAN KEILMUAN LAIN PADA TINGKAT SD/MI. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/ath.v32i1.10625

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Parid, M., & Rosadi, R. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1285

Parid, M., & Utami, I. H. (2021). KERJASAMA ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING. NIZHAMIYAH, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/niz.v11i1.926

Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., & Supriadi, U. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i02.4259

Ropei, A., Alijaya, A., Hasan, M. Z. A., & Fadhil, F. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.

Ropei, A., Huda, M., Alijaya, A., Fadhil, F., & Zulfa, F. (2023). Managing ‘Baligh’in four Muslim countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the minimum age for marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 16(1), 112–140.

Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.

Tarlam, A. (2015). ANALISIS DAN KRITIK METODE HERMENEUTIKA AL-QUR’AN MUḤAMMAD SHAḤRŪR. EMPIRISMA, 24(1). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i1.10

Tarlam, A. (2022). Hermeneutik dan Kritik Bible. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 103–118.

Tarlam, A. (2023a). HUBUNGAN AHKLAK TASAWUF (MORAL ETHIC) DALAM LAW AND SOCIAL CHANGES DI INDONESIA. De Jure Muhammadiyah Cirebon (DJMC), 7, 15–20.

Tarlam, A. (2023b). Potensi Hebat Manusia Perspektif Islam. Journal of Islamic Studies, 1(3). https://scholar.google.com/scholar?cluster=14145874365402098965&hl=en&oi=scholarr

Tarlam, A. (2023c). Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Al-Mau’izhoh, 5, 226–241.

Tarlam, A. (2023d). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68.

Uripah, U., Rifki, M., & Komarudin, O. (2023). Upaya Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam Kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang: Meningkatkan karakter anak dengan media bahan alam. JUPIDA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 43–56.

Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.

Yuhana, Y., & Tarlam, A. (2023). Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam. KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–44.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Alam Tarlam, Abdullah Zaky, & Iis Sakinah. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada anak Kelompok B di RA Darul Qur’an Wanajaya Kecamatan Tambakdahan Subang. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/386