Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok A Paud At-Taqwa Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang

Authors

  • adudin alijaya STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG
  • dede ruslan STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG
  • siti nurhalizah sholehah STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan bermasyarakat, dalam melakukan setiap aktivitas kita tidak lepas dari norma-norma, baik itu norma agama, norma hukum, maupun norma social. Dengan demikian penanaman norma-norma tersebut sangat penting untuk di tanamkan sejak dini pada anak-anak baik itu di rumah maupun di sekolah dengan harapan kedepannya setelah dewasa nanti anak sudah terbentuk karakter atau memiliki karakter yang religious, santun, tanggung jawab, dan bermoral yang terpuji. Untuk mencapai tujuan tersebut tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, tetapi harus melalui proses yang sangat panjang dan penuh dengan kesabaran dan kehati-hatian. Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingah laku. Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai nilai moral dan agama. Nilai agama dan moral merupakan bagian dari pengembangan diri anak yang  dimulai sejak usi dini. Maka dari itu penulis melakukan sebuah observasi/penelitian, tujuan penelitianini yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas dan 2 orang guru pendamping. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan oleh guru di SPS Nurul Hidayah Ciawitali Kecamatan Cikaum kabupaten Subang. Di SPS Nurul Hidayah Ciawitali kecamatan Cikaum Kabupaten Subang, Penanaman agama dan moral pada Anak Usia Dini dilakukan dengan cara bekerjasama antara Guru dan Orangtua/wali murid, dengan adanya kerjasama tersebut di harapkan proses pendidikan akan berjalan dengan baik. Para orangtua di harapkan dapat menstimulasi anak-anaknya di rumahmelalui rutinitas dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan di SPS Nurul Hidayah Ciawitali kecamatan Cikaum kabupaten Subang, dalam penananman nilai agama dan moral di lakukan melalui kegiatan rutinitas yang meliputi: kegiatan mengucapkan salam dan berjabat tangan, kegiatan bermain bersama dengan saling menghormati sesama, kegiatan membaca surah pendek dan doa harian serta sholawat,dan kegiatan makan bersama kegiatan membaca iqro serta belajar mengenal pencipta bersama teman.

References

Alijaya, A. (2018). Pendekatan Obyektif Dalam Tafsir Penciptaan Alam. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan/article/view/103

Alijaya, A. (2019). Argumen Ekopedagogi Dalam Al-Qur’an. Penerbit K-Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SxVEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:sVKGP5mzWc4J:scholar.google.com&ots=bIZ1H21gbz&sig=ZPMD_E9_2Bd8uzCx5cC3Il5Un_g

Alijaya, A. (2020). Konstruksi ‘Ubudiyah dalam Pembelajaran Perspektif Tafsir. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 1–5.

Alijaya, A. (2022). Peta Al-Jashshash Dalam Kajian Tafsir Fiqhy (Analisis terhadap Kitab Ahkam Al-Qur’an). AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–26.

Asmawi, M., & Tarlam, A. (2023). Great Human Potential Islamic Perspective. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i3.15

Hartini, K. D. H., Sukatma, & Parid, M. (2023). Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan: Kreativitas; Pelepah Pisang; JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), Article 1.

Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.

Komarudin, O. (2021). Keberagamaan masyarakat Baduy muslim setelah konversi agama di Kecamatan Leuwidamar Lebak-Banten [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/42032/

Komarudin, O. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.

M Yunus, B., Nurhasanah, S., Irwansyah, S., & Saepulah. (2020). Religiusity of Indigenous Communities in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 4071–4077.

Musyaddat, A., Rais, M. S., & Tarlam, A. (2024). AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK: AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), Article 2.

Nasrudiansyah, I., & Alijaya, A. (2023). Kajian Yuridis Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Ditinjau Berdasarkan Hukum Islam. MIM: Jurnal Kajian Hukum Islam, 1(1), 39–64.

Nisa, H., Hidayat, A., & Parid, M. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182.

Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671

Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082

Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.

Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Parid, M., & Rosadi, R. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1285

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

alijaya, adudin, ruslan, dede, & nurhalizah sholehah, siti. (2023). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok A Paud At-Taqwa Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/385