Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Baitul Athiq Blanakan Subang
Keywords:
Kata Kunci: kecerdasan spiritual, bermain peranAbstract
Kualitas sumber daya manusia telah menjadi indikator utama dalam mengukur serta mengembangkan kemajuan suatu bangsa atas dasar itu, setiap Negara telah menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai isu program dan strategi pembangunan yang utama, termasuk negara Indonesia menganggap sumber daya manusia di masa sekarang dan di masa yang akan datang sangat penting. Hal ini membuat pemerintah dan masyarakat harus memikirkannya agar hal ini tercapai maka pemerintah melalui instansi terkait yaitu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan sistem pendidikan sejak usia dini.
Berbagai penelitian yang terkait anak usia dini menunjukan bahwa penyiapan sumber daya manusia berkualitas harus diawali sejak usia dini, bahkan sejak masa konsepsi dalam kandungan. Pemenuhan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak secara holistic integrative sangat menetukan kualitas kesehatan, kecerdasan, dan kematangan sosial ditahap berikutnya. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal dan dasar menjadi mutlak untuk diperhatikan dan ditindak lanjuti secara serius, sebab pendidikan yang diberikan sejak usia dini seperti pepatah mengatakan “Menuntut ilmu di waktu kecil bagai mengukir di atas batu” jadi pendidikan anak usia dini merupakan pondasi awal sebuah bangunan kehidupan manusia, anak-anak sebagai pemegang estafet kehidupan selanjutnya. Tidak hanya itu anak sebagai mahluk kecil yang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan menuju puncak optimal, dalam diri anak tersimpan jutaan potensi kecerdasan yang membutuhkan tangan-tangan kreatif manusia dewasa untuk memahat dan menyepuhnya menjadi emas yang bentuknya indah dan menawan. Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Anak pada masa ini biasanya disebut pula dengan anak masa awal early chilidhood. Yang dimaksud dengan early chilidhood adalah anak yang sejak lahir samapai dengan usia delapan tahun. Hal tersebut merupakan pengertian yang baku yang dipergunakan oleh NAE YC (The National Association For The Education For Young Children) dimana pada masa ini merupakan masa keemasan (the golden age), dimana anak dapat dengan mudah menerima berbagai informasi dan pengetahuan yang diberikan pada anak.
References
Alijaya, A. (2018). Pendekatan Obyektif Dalam Tafsir Penciptaan Alam. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan/article/view/103
Alijaya, A. (2019). Argumen Ekopedagogi Dalam Al-Qur’an. Penerbit K-Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SxVEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:sVKGP5mzWc4J:scholar.google.com&ots=bIZ1H21gbz&sig=ZPMD_E9_2Bd8uzCx5cC3Il5Un_g
Alijaya, A. (2020). Konstruksi ‘Ubudiyah dalam Pembelajaran Perspektif Tafsir. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 1–5.
Alijaya, A. (2022). Peta Al-Jashshash Dalam Kajian Tafsir Fiqhy (Analisis terhadap Kitab Ahkam Al-Qur’an). AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–26.
Asmawi, M., & Tarlam, A. (2023). Great Human Potential Islamic Perspective. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i3.15
Hartini, K. D. H., Sukatma, & Parid, M. (2023). Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan: Kreativitas; Pelepah Pisang; JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), Article 1.
Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.
Komarudin, O. (2021). Keberagamaan masyarakat Baduy muslim setelah konversi agama di Kecamatan Leuwidamar Lebak-Banten [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/42032/
Komarudin, O. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.
M Yunus, B., Nurhasanah, S., Irwansyah, S., & Saepulah. (2020). Religiusity of Indigenous Communities in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 4071–4077.
Musyaddat, A., Rais, M. S., & Tarlam, A. (2024). AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK: AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), Article 2.
Nasrudiansyah, I., & Alijaya, A. (2023). Kajian Yuridis Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Ditinjau Berdasarkan Hukum Islam. MIM: Jurnal Kajian Hukum Islam, 1(1), 39–64.
Nisa, H., Hidayat, A., & Parid, M. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531
Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182.
Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671
Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082
Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.
Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755
Parid, M., & Rosadi, R. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1285
Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863
Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., & Supriadi, U. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i02.4259
Ropei, A., Alijaya, A., Hasan, M. Z. A., & Fadhil, F. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.
Ropei, A., Huda, M., Alijaya, A., Fadhil, F., & Zulfa, F. (2023). Managing ‘Baligh’in four Muslim countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the minimum age for marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 16(1), 112–140.
Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.
Syukur, A., Komarudin, O., Marjani, G. I., & Kahmad, D. (2021). Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition. Jurnal Penelitian, 181–196.
Tarlam, A. (2015). ANALISIS DAN KRITIK METODE HERMENEUTIKA AL-QUR’AN MUḤAMMAD SHAḤRŪR. EMPIRISMA, 24(1). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i1.10
Tarlam, A. (2022). Hermeneutik dan Kritik Bible. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 103–118.
Tarlam, A. (2023a). HUBUNGAN AHKLAK TASAWUF (MORAL ETHIC) DALAM LAW AND SOCIAL CHANGES DI INDONESIA. De Jure Muhammadiyah Cirebon (DJMC), 7, 15–20.
Tarlam, A. (2023b). Potensi Hebat Manusia Perspektif Islam. Journal of Islamic Studies, 1(3). https://scholar.google.com/scholar?cluster=14145874365402098965&hl=en&oi=scholarr
Tarlam, A. (2023c). Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Al-Mau’izhoh, 5, 226–241.
Tarlam, A. (2023d). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68.
Uripah, U., Rifki, M., & Komarudin, O. (2023). Upaya Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam Kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang: Meningkatkan karakter anak dengan media bahan alam. JUPIDA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 43–56.
Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.
Yuhana, Y., & Tarlam, A. (2023). Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam. KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–44.