https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/issue/feedBAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2024-04-30T00:04:12+00:00Dr. Omang Komarudin, M.Agomangkomarudin@stai-mifda.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Bakti Mifda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</strong> adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (P3M) STAI Miftahul Huda Subang</p> <p>Fokus dan Ruang Lingkup Artikel yang dimuat dalam Bakti Mifda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Penerbitan jurnal ini akan dilakukan dalam satu tahun, mulai tahun 2024 terbitannya sebanyak dua kali terbit dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan bulan September.</p> <p>Silakan baca panduan ini dengan seksama. Penulis yang ingin menyerahkan naskah mereka ke redaksi Bakti Mifda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat harus mematuhi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditugaskan</p>https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/399Peningkatan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Finger Painting 2024-04-29T10:32:54+00:00Abdullah Zakyzaky@gmail.comAdudin Alijayaadudin@gmail.comNenden Pipitnenden@gmail.com<h1>ABSTRAK</h1> <p>Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat finger painting, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kegiatan bertema Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Finger Painting. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik dengan finger painting sebagai upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini, sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan PAUD yang lebih kreatif dan memberikan pondasi kuat bagi perkembangan anak-anak menuju masa depan yang cerah. Peserta kegiatan ini adalah 15 anak usia dini pada TPA Pinguin binaan Pemerintah provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan aktivitas <em>finger painting</em>. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta didik terasah potensinya serta terjadi peningkatan dalam kreativitasnya melalui kegiatan <em>finger painting. </em>Hal ini terlihat selama dua kali kegiatan, terdapat perkembangan dalam hasil karya <em>finger painting </em>peserta didik. </p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/406Pendampingan Managemen Sekolah dan Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran bagi Guru-Guru PAUD di Kecmatan Binong Kabupaten Subang 2024-04-29T16:26:26+00:00Sukatmasukatmaa@gmail.comSaepulahsaeep@gmail.comNita Fatmawatinita@gmail.com<p>Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk melakukan perbaikan terkait dengan managemen pengelolaan sekolah, managemen pengelolaan kelas dan kegiatan pembelajaran, serta upaya sekolah dalam menjalin kerjasama dengan orang tua dan stakeholder lain. Pendampiangan ini dilakukan di PAUD Pengembangan 1. Hasil dari pendampingan adalah terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan tema dan karakter anak yang tergambar dalam RPPH, managemen pengelolaan yang tersusun secara sistematis untuk memudahkan proses pembelajaran PAUD Pengembangan 1, dan terciptanya kegiatan parenting bulanan yang dilakukan oleh guru-guru PAUD Pengembangan 1 dan orang tua murid dengan tujuan menjalin kasih dan cinta untuk mendidik siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/392PELATIHAN KREATIVITAS CLAY BAGI GURU RA DI KECAMATAN PAGADEN BARAT KABUPATEN SUBANG2024-04-29T09:28:57+00:00Muchamad Rifkirifki03@gmail.comalam tarlamtarlam07@gmail.compenih nuraenipenih08@gmail.com<p><em>Rendahnya kompetensi guru PAUD dalam kreativitas pembuatan media ajar sederhana menjadi masalah dalam proses bermain dan belajar anak usia dini di taman bermain. Guru PAUD idealnya harus memiliki kreativitas tinggi agar dapat meningkatkan kemampuan-kemampuan dasar anak usia dini tanpa membebani psikologi peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, salah satu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh para guru PAUD adalah dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang kreativitas clay sebagai media sederhana untuk bermain dan belajar anak usia dini. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk pelatihan dengan tujuan dapat memberikan manfaat agar peserta memiliki kompetensi pembuatan media clay dengan tepat, dan dapat menerapkan dalam proses pembelajaran di taman bermain masing-masing. STAI Miftahul Huda Subang bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Pagaden Barat, Subangmenyelenggarakan kegiatan PKM yang tepat guna dan sasaran khususnya bagi guru PAUD di Pagaden Barat, Subang. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa minat peserta sangat tinggi dan dalam waktu singkat memiliki kompetensi dalam pembuatan clay, terbukti peserta mampu menunjukkan hasil dan mampu mengembangkan kreativitasnya dalam pembentukan tema-tema clay. Evaluasi untuk hasil pelatihan ini bahwa peserta memiliki antusiasme tinggi dan menuntut untuk diadakan pelatihan yang serupa dengan pengembangan variasi bentuk tema clay dan cara memasarkan clay agar memiliki nilai ekonomi tinggi.</em> <em> </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/413Pelatiahan Skill Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak bagi Guru RA di Kecamatan Pusakanagara Subang2024-04-29T16:53:55+00:00Muchamad Rifkimuchamadr@gmail.comSukatmasuka@gmail.comTuti Hanafiyahtuti@gmail.com<p><em>Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan ini adalah pelatihan pengajaran Bahasa Inggris bagi guru RA di Kecamatan Pusakanagaradengan berkolaborasi dengan Lazisnu Subang. Tim pengabdi menawarkan adanya inisiasi kegiatan dari guru, oleh guru, dan untuk guru yang disebut MeGuru sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru RA khususnya dalam pengajaran Bahasa Inggris. Pelatihan pengajaran Bahasa Inggris bagi guru RA yang tergabung dalam IGRA Kecamatan Pusakanagara ini dilaksanakan sebanyak tiga sesi selama 90 menit untuk setiap sesinya. Dalam pelatihan ini, para peserta diberi paparan mengenai media dan teknik pengajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Untuk mengukur keberhasilan program, tim pengusul memberikan survei untuk mengukur tingkat sikap para guru RA di Kecamatan Pusakanagara dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada murid mereka. Survei diberikan sebelum dan setelah program kemitraan masyarakat. Hasil survei sebelum dan sesudah pelatihan pengajaran Bahasa Inggris bagi tenaga pendidik di lingkup IGRA Pusakanagara menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14,2%. Hal ini mengindikasikan bahwa tenaga pendidik di IGRA Pusakanagara mempunyai persepsi yang lebih baik terkait pengajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Hal ini juga sejalan dengan respon dari para peserta pengabdian yang menunjukkan antusiasme selama mengikuti pengabdian ini </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/404Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru PAUD Di Kecamatan Tambakdahan Subang2024-04-29T12:47:22+00:00Ernawatiernawatib@gmail.comLukman Nugrahalukmannugraha82aklap@gmail.comKiki Rizki Awaliakiki_ra@gmail.com<p><strong>Abstract </strong></p> <p><em>The title of the proposed Community Partnership Program (PKM) activity is "Training for Making Educational Game Tools for Al-Munawwaro Kindergarten and Dewantara Kindergarten Teachers". This activity is carried out in order to welcome the growing development of learning media that can be applied in daily teaching. In addition, teachers are also required to be able to make changes to the learning media in their own class to see how the improvement of student learning outcomes by using various learning media. The activity in this training is that teachers from both schools will be given training and assistance in socialization activities to increase their knowledge/understanding of how to make educational game tools (APE). So that it can increase the teacher's imagination in developing all aspects and intelligence that exist in students. The final result of this activity is expected that each teacher will have educational and creative learning media that have good learning values. Partnership activities are planned to be carried out for 5 months. The outputs that will be produced are in the form of journals with ISSN, learning media, increasing competitiveness, increasing the application of science and technology in society and also learning methods or systems. </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/411 Pelatihan Manasik Haji Bagi Anak Usia Dini Di RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang2024-04-29T16:46:56+00:00Adudin Alijayaadudali@gmail.comOmang Komarudinoomangko@gmail.comIda Fandiniidafa@gmail.com<p>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun karakter spiritual, keimanan, dan ketaqwaan sejak usia dini. Kegiatan pelatihan ini sangat penting dilakukan agar terinternalisasi dalam diri peserta didik RA Darul Ma’arif Pamanukan tentang pelaksanaan ibadah haji, sehingga rukun islam yang kelima ini menjadi salah satu cita-cita dalam hidupnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi oleh pemateri, praktik dan peragaan oleh peserta didik, pendampingan oleh pemateri, guru, dan peserta didik. Pelatihan ini menggunakan media gambar, tulisan, dan ilustrasi tempat-tempat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa antusias dan semangat peserta didik RA Darul Ma’arif Pamanukansemakin meningkat dalam kegiatan ibadah, khususnya ibadah haji. Sebagian besar peserta didik sudah hafal bacaan dan doa-doa khusus yang dibaca pada waktu pelaksanaan ibadah haji dan faham urutan rangkaian pelaksanaan ibadah haji tersebut. Pelatihan Manasik Haji pada peserta didik RA Darul Ma’arif Pamanukandengan mitra guru-guru TK tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pelaksanaan ibadah haji secara praktik</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/402PENINGKATAN GIZI SEIMBANG MELALUI KEGIATAN KREASI MAKANAN 2024-04-29T11:10:41+00:00Ernawatiernawatibgs@gmail.comSukatmaSukatma223@gmail.comUpi Sapyaniupiesapyanie@gmail.com<p><strong>Abstrak: </strong>Mendasar masalah dilapangan, ditemukannya anak-anak yang menyukai jajanan mengandung bahan pengawet dan MSG (<em>Monosodium Glutamat</em>) dimana makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan anak. Sehingga diadakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan dan peningkatan gizi seimbang anak usia dini melalui kegiatan kreasi makanan pada TK Nurul Ummah 19 Klempun Ngraho Bojonegoro. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pelaksanaan kegiatan kreasi makanan untuk peningkatan gizi seimbang anak meliputi menyebutkan macam-macam makanan yang mengandung gizi seimbang; membuat kreasi makanan dengan peningkatan sebesar 75% melalui 2 siklus yaitu kondisi awal pra siklus dipersentase 35% atau 7 dari 20 anak pada kriteria berkembang sangat baik, siklus I yaitu 65% atau 14 dari 20 anak pada kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II yaitu 90% atau 18 dari 20 anak pada kriteria berkembang sangat baik.</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/409Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Flashcard Di Kecamatan Serang Panjang Subang2024-04-29T16:38:44+00:00Adudin Alijayaaduali@gmail.comMuchamad Rifkimuha@gmail.comSiska Nurhalizasiska@gmail.com<p>This research is important in the teacher's effort to improve the ability to think symbolically in terms of recognizing the age group of 4-5 years. Early childhood is a period in which all aspects of development experienced by children occur in many aspects of development and all life skills that must be developed. Therefore, early childhood is said to be a golden age and is called a sensitive period for children. and after this development has passed, then any intelligence that is used, it is quite difficult to develop intelligence again in an effort to stimulate the development of children's abilities, it is necessary to use appropriate methods. This research develops aspects of the development of symbolic thinking of children aged 4-5 years at our institution, namely the ability to recognize symbols or numbers. The purpose of the researchers conducted this study was to see how much change in the increase in the ability to think symbolically children aged 4-5 years at our institution by playing a flashcard that is equipped with numbers and images. In the research the researchers conducted was to use a Quasi Experiment with the type of design none equivalent to Group Pretst posttest Design. The results of the study showed the results of the SPSS test version version 20. Then from the implementation of the study it was concluded that the conclusions of this study were quite significant in improving the ability to recognize the numbers of children aged 4-5 years.</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/400Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu2024-04-29T10:44:17+00:00Alam Tarlamalamtarlam@stai-mifda.ac.idErnawatiernawati@gmail.comFikriatul Azizahfikriatul@gmail.com<p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Pendidikan Agama Islam penting diberikan sejak anak usia dini, sebagai landasan pembentukan moral dan penanaman nilai-nilai agama. Pendidikan merupakan hak setiap anak, tidak terkecuali anak dengan kebutuhan khusus, yang berhak memperoleh layanan dalam sistem pendidikan inklusif di semua jenjang pendidikan. PKM Peningkatan kualitas guru PAUD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis pendidikan inklusif di kecamatan Patrol kabupaten Indramayu ini dilakukan karena guru-guru PAUD di kecamatan Patrol masih banyak yang belum memiliki pemahaman dan kemampuan dalam penerapan (PAI) berbasis inklusif bagi anak usia dini, sehingga berdampak pada penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat, dan hal ini mengakibatkan perkembangan kemampuan anak yang diharapkan tidak tercapai. Kurangnya kompetensi guru PAUD di kecamatan Patrol disebabkan karena latar belakang pendidikan guru yang rata-rata hanya lulusan Sekolah Menengah Umum dan Sarjana non PAUD. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah mengadakan kegiatan pelatihan penerapan pembelajaran PAI berbasis pendidikan inklusif bagi guru-guru PAUD (RA dan TK.ABA), bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Patrol. Guruguru diajarkan materi-materi PAI untuk anak usia dini, serta aplikasi praktis dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis pendidikan inklusif dengan metode pembelajaran yang tepat.</em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/407PEMBINAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU PADA GURU TK/RA DI KECAMATAN JALAN CAGAK2024-04-29T16:29:55+00:00Ernawatiernawatia@gmail.comDini Syifa Mawaddahdinis@gmail.com<p>Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAUD di TK/RA Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Menyadari akan pentingnya kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan yang dapat menambah kemampuan para guru yang sebagian besar merupakan tamatan SMA/setara. Pebelajaran tematik merupakan sarana bagi guru dalam merancang kegiatan bermain yang menyenangkan sesuai dengan tema di PAUD. Para guru diharapkan mampu merancang rencana pembelajaran tematik sesuai dengan karakteristik, situasi, dan kondisi di mana satuan PAUD berada agar pemeblaajaran yang diberikan berlangsung menyenangkan dan menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi, pendampingan, dan latihan</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/397PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI PUSAKAJAYA KABUPATEN SUBANG2024-04-29T10:06:27+00:00Dede Ruslanddr@gmail.comAbdullah Zakiazky@gmail.comArin Khairunnisaarin@gmail.com<p><strong>Abstrak </strong></p> <p> </p> <p>Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu jenjang pendidikan paling dasar untuk tumbuh kembang anak. Kualitas guru PAUD yang profesional akan menentukan perkembangan anak usia dini. Guru yang melaksanakan pendidikan pada anak usia dini disyaratkan memiliki tingkat pendidikan dan kompetensi khusus, namun pada kenyataan di lapangan banyaknya guru PAUD yang belum memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktek membuat media pembelajaran dan peer teaching dengan menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh kompetensi guru bertambah, media pembelajaran pada lembaga PAUD bervariasi, dan kreativitas guru meningkat setelah mengikuti pelatihan.</p> <p> </p> <p> </p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/414GEOMETRY TOWER ADVENTURE PADA ANAK USIA DINI DI DESA CIKARAMAH KECAMATAN TANJUNGMEDAR SUMEDANG2024-04-29T16:57:01+00:00Lukman Nugrahalukmanu@gmail.comMuchamad Rifkimuc@gmail.com<p><em>The introduction of geometry is considered important since early age because part of form recognition learning. This is one of the earliest concepts that children must master in cognitive development. Children can distinguish objects by shape first before based on other features. By giving the introduction of geometric shapes from an early age means that the child will have a learning experience that will support the learning of mathematics in the next level of education. Community Service Activities under the title Geometry Tower Adventure at Early Childhood in Sukorejo Village Bojonegoro District Bojonegoro District aims to train children to know the type of shapes, colors, and soft and coarse motor skills by using their preferred game. This PKM activity started on September 11, 2023 until September 16, 2023, followed by all Singajaya Islam Kindergarten students, amounting to 100 students. As the activity progresses the students follow the game path with enthusiasm and joy. In addition we also provide five sets of props in the form of geometry towers and the steps of its use in learning to the school to be utilized in the future. </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/405PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI PUSAKAJAYA KABUPATEN SUBANG2024-04-29T16:19:03+00:00Dede Ruslandederrr@gmail.comAbdullah Zakyabdulaaa@gmail.comArin Khairunnisaarin@gmail.com<p>Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu jenjang pendidikan paling dasar untuk tumbuh kembang anak. Kualitas guru PAUD yang profesional akan menentukan perkembangan anak usia dini. Guru yang melaksanakan pendidikan pada anak usia dini disyaratkan memiliki tingkat pendidikan dan kompetensi khusus, namun pada kenyataan di lapangan banyaknya guru PAUD yang belum memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktek membuat media pembelajaran dan peer teaching dengan menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh kompetensi guru bertambah, media pembelajaran pada lembaga PAUD bervariasi, dan kreativitas guru meningkat setelah mengikuti pelatihan</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/388Meningkatkanan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf dengan Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Azhar Ciasem Subang2024-04-29T09:14:35+00:00alam tarlamalamtarlam02@gmail.comdede ruslandederuslan11@gmail.comsri wiwitkusbiantiwiwit07@gmail.com<p><em>This study aims to improve the ability to recognize hijaiyah letters through the media of letter trees by using demonstration methods. This study used classroom action research conducted at Al-AzharKindergarten, Ciasem, Konawe Konsel Regency. The research sample is class B at the age of 5-6 years. The research process was carried out in two cycles, each cycle consisting of two meetings and four stages in each, namely: planning, implementing, observing and reflecting. The results showed that through the media of letter trees using the demonstration method could improve the ability to recognize hijaiyah letters in class B children at Al-Azhar Kindergarten, Ciasem, Subang.</em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/412Pelatihan Desain Grafis Bagi Guru RA Di Kecamatan Pagaden Menggunakan Aplikasi Canva2024-04-29T16:50:14+00:00Omang Komarudinomama@gmail.comYayah Cunayahyayah@gmail.comErnawatieerna@gmail.com<p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guruguru PAUD tentang penggunaan aplikasi Canva for education dalam merancang media pembelajaran di Satuan PAUD. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung keterampilan pada guru PAUD dalam memanfaatkan teknologi yang berimplikasi pada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran. Aplikasi Canva merupakan aplikasi desain yang cocok digunakan untuk para pemula pembuat desain grafis, karena aplikasi ini mudah digunakan dan juga gratis. Hasil studi pendahuluan dengan beberapa guru di Kecamatam Tamalanrea diketahui bahwa pemanfaatan Canva dalam pembuatan media pembelajaran di Satuan PAUD belum dilakukan secara optimal, dan pemanfaatan aplikasi Canva sebagai sarana edukasi atau perangkat pembelajaran pun masih jarang dilakukan. Hasil yang dicapai setelah kegiatan pelatihan ini adalah 1) peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Canva untuk mendesain perangkat dan media pembelajaran, 2) hasil menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan pengabdian masyarakat ini dinilai sangat baik</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/403Pelatihan Menyusun Rencana Pembelajaran Bagi Guru PAUD Di Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu 2024-04-29T12:37:44+00:00Saepulahdrsaepulah@gmail.comOmang Komarudinokabsn@gmail.comSiti Maesarohst_mae@gmail.com<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong><em> </em></p> <p><em>This activity aims to describe the understanding of PAUD teachers on lesson planning and improve the pedagogic and professional competence of PAUD teachers. With this activity the teacher must realize that making lesson plans is not just making but must really understand. And with this training, teachers can add insight or ability to design play activities in PAUD. The type of research used is qualitative research. The research was conducted at AlAmin PAUD, Telaga Tujuh Village, Sukra Indramayu. The research design is phenomenology. The data sources in this study were informants consisting of the committee and Al-Amin PAUD teachers. The implementation of this activity is carried out using the training method. And the data collection technique in this training is documentation. The results of the study show that in designing or making RPPH the teacher is quite enthusiastic and begins to understand the preparation of RPPH. By understanding the RPPH, the teacher displays a confident appearance and raises teaching skills. And teachers must really understand how the design process and designing learning plans are made attractive according to the characteristics and development of early childhood. </em> </p> <p><strong><em> </em></strong><em> </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/410Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Guru-Guru PAUD di Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu 2024-04-29T16:43:04+00:00Abdullah Zakyabdula@gmail.comSaepulahepula@gmail.comPipih Alpianipipih@gmail.com<p>Para pendidik merupakan kunci utama penentu perubahan gaya belajar di tengah pandemi. Mereka dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan pembelajaran. Tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran berbasis IT bagi guru-guru Sekolah-sekolah PAUD. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dari para narasumber dan praktikum oleh para guru dengan perangkat yang dimiliki seperti mobile phone serta laptop masing-masing peserta serta pendampingan oleh para dosen dalam mempraktikkan langkahlangkah penggunaan web tools tersebut. Bagi guru, capaian yang dihasilkan adalah peningkatan pemahaman serta keterampilan mereka dalam memakai web tools seperti Answer Garden dan Tricider untuk meteri-materi pembelajaran. Bagi dosen, capaian yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan motivasi untuk lebih aktif dan peka untuk terjun dalam pembangunan di lingkungan masyarakat secara langsung terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Bagi Perguruan Tinggi, capaian yang dihasilkan adalah semakin meningkatnya mutu program-program akademik yang berkelanjutan, dan sebagai perwujudan akuntabilitas Perguruan Tinggi tersebut di masyarakat. Dengan adanya pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan Guru PAUD dalam pembelajaran berbasis IT, serta dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar di Sekolah-sekolah PAUD</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/401Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak” Di SPS Anggrek Legonkulon Subang2024-04-29T11:00:46+00:00Ruslandederuslan@gmail.comSukatmasukatma641967@gmail.comMutta SillatulhimmahMuttasil@gmail.com<p><strong>ABSTRACT </strong></p> <p><em>During the pandemic period, the learning aspect in the village of Pajodangan experienced many obstacles / obstacles in implementing online learning. Online learning in this situation is very confusing for parents who have children who are still in MI, MTs, and MA equivalent. according to the government's recommendation, learning should be carried out through online methods to be effective and active. Efforts to support learning according to the government's recommendations, online learning has been widely practiced from the MI level to tertiary institutions. The learning carried out for MI in each subject leads to a theme. This becomes a reference that in order to achieve the learning objectives so that the existence of learning media becomes very urgent and essential. Activity methods that will be used include; preparation, implementation of activities, evaluation and submission of reports. The assessment of 20 SPS Anggrek students in Pajodangan Village can be described that the ability to understand the positive and negative impacts of smartphones where before the dissemination of students' knowledge about smartphones was very minimal with an average score of 4.6 and after socializing students- students or participants could be seen to have an average of up to 8.6 in understanding the positive and negative impacts of smartphone use in early childhood. </em></p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/408PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE PADA GURU RA DI KECAMATAN SUKRA INDRAMAYU2024-04-29T16:34:16+00:00Omang Komarudinomangkoma@gmail.comDede Ruslandederu@gmail.comKiki Rizki Awaliakikir@gmail.com<p>Melek ICT merupakan kewajiban bagi guru karena akan berdampak positif dalam kualitas pembelajarannya, dimana sumber informasi IPTEK dapat dengan mudahnya diakses dan dimanfaaRAan sebagai media pembelajaran. RA Saraswati, Cengklik RT.03/RW.20 Sukra Kabupaten IndramayudidapaRAan informasi bahwa guru-guru disana belum dapat membuat media pembelajaran berbasis ICT yang bervariatif, meskipun berada pada wilayah perkotaan dengan fasilitas seperti laptop/komputer, jaringan internet, LCD proyektor sudah tersedia. Guru RA se-kecamatan Sukrahanya sesekali menggunakan Powerpoin dan selebihnya menggunakan media sederhana (media yang tidak diproyeksikan). Guru-guru di RA se-kecamatan Sukrakurang termotivasi dan merasa kesulitan jika harus belajar mandiri untuk memanfaaRAan program/ software yang dianggab baru. Banyak software yang dapat dimanfaaRAan dalam pembuatan media pembelajaran selain <em>Powerpoin</em>. <em>VideoScribe</em> adalah salah satu <em>software</em> yang bisa digunakan. Tujuan yang hendak dicapai dari program pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan membuat media pembelajaran <em>VideoScribe</em> yang di aplikasikan dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan mulai tahap survei, perijinan, dan pemberian motivasi bagi guru yang akan mengikuti pelatihan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap sosialisasi dan audiensi, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi akhir. Target yang diharapkan adalah 8 guru yang mengikuti pelatihan, terdapat 100% guru yang mampu membuat media pembelajaran <em>VideoScribe</em>. Luaran yang dihasilkan berupa Produk media <em>VideoScribe</em> pada materi tertentu dan publikasi artikel pengabdian dalam jurnal ilmiah.</p>2023-12-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat