Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu

Authors

  • Alam Tarlam stai miftahul huda subang
  • Ernawati STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG
  • Fikriatul Azizah STAI MIFTAHUL HUDA SUBANG

Keywords:

Kualitas Guru PAUD, Pembelajaran PAI, Pendidikan Inklusif

Abstract

Abstrak

Pendidikan Agama Islam penting diberikan sejak anak usia dini, sebagai landasan pembentukan moral dan penanaman nilai-nilai agama. Pendidikan merupakan hak setiap anak, tidak terkecuali anak dengan kebutuhan khusus, yang berhak memperoleh layanan dalam sistem pendidikan inklusif di semua jenjang pendidikan. PKM Peningkatan kualitas guru PAUD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis pendidikan inklusif di kecamatan Patrol kabupaten Indramayu ini dilakukan karena guru-guru PAUD di kecamatan Patrol masih banyak yang belum memiliki pemahaman dan kemampuan dalam penerapan (PAI) berbasis inklusif bagi anak usia dini, sehingga berdampak pada penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat, dan hal ini mengakibatkan perkembangan kemampuan anak yang diharapkan tidak tercapai. Kurangnya kompetensi guru PAUD di kecamatan Patrol disebabkan karena latar belakang pendidikan guru yang rata-rata hanya lulusan Sekolah Menengah Umum dan Sarjana non PAUD. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah mengadakan kegiatan pelatihan penerapan pembelajaran PAI berbasis pendidikan inklusif bagi guru-guru PAUD (RA dan TK.ABA), bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Patrol. Guruguru diajarkan materi-materi PAI untuk anak usia dini, serta aplikasi praktis dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis pendidikan inklusif dengan metode pembelajaran yang tepat.

References

Alijaya, A. (2018). Pendekatan Obyektif Dalam Tafsir Penciptaan Alam. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan/article/view/103‬

Alijaya, A. (2019). Argumen Ekopedagogi Dalam Al-Qur’an. Penerbit K-Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SxVEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:sVKGP5mzWc4J:scholar.google.com&ots=bIZ1H21gbz&sig=ZPMD_E9_2Bd8uzCx5cC3Il5Un_g

Alijaya, A. (2020). Konstruksi ‘Ubudiyah dalam Pembelajaran Perspektif Tafsir. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 1–5.

Alijaya, A. (2022). Peta Al-Jashshash Dalam Kajian Tafsir Fiqhy (Analisis terhadap Kitab Ahkam Al-Qur’an). AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–26.

Asmawi, M., & Tarlam, A. (2023). Great Human Potential Islamic Perspective. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i3.15

Hartini, K. D. H., Sukatma, & Parid, M. (2023). Peningkatan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Mencap Dengan Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok B Di TKIT Cahaya Qolbu Tambakdahan: Kreativitas; Pelepah Pisang; JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), Article 1.

Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17.

Komarudin, O. (2021). Keberagamaan masyarakat Baduy muslim setelah konversi agama di Kecamatan Leuwidamar Lebak-Banten [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/42032/

Komarudin, O. (2022). Landasan Teologis Pendidikan Sains Di Pondok Pesantren. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(1), 34–54.

M Yunus, B., Nurhasanah, S., Irwansyah, S., & Saepulah. (2020). Religiusity of Indigenous Communities in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(7), 4071–4077.

Musyaddat, A., Rais, M. S., & Tarlam, A. (2024). AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK: AJARAN IMAM AL GHOZALI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(2), Article 2.

Nasrudiansyah, I., & Alijaya, A. (2023). Kajian Yuridis Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Ditinjau Berdasarkan Hukum Islam. MIM: Jurnal Kajian Hukum Islam, 1(1), 39–64.

Nisa, H., Hidayat, A., & Parid, M. (2021). Relevansi Kesesuaian Kompetensi Dasar Dengan Materi Buku Ajar Matematika Kelas VI SD/MI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531

Nisa, H., Parid, M., Hidayat, A., & Mustofa, A. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182.

Nugraha, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/89671

Nugraha, L., & Parid, M. (2023). IMPLEMENTATION OF THE GOGREEN MODEL IN OPTIMIZING ABILITY LITERACY WRITE NARRATION ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. El Midad, 15(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/8082

Nugraha, L., Saud, U. S., Hartati, T., & Damaianti, V. S. (2022). Profile of Learning Environmental Literacy in Elementary School. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 6(2), 211–222.

Nugraha, L., Sa’ud, U. S., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Puspita, R. D. (2022). Improving Indonesian Elementary School Students’ Writing Skill on Narrative Text using “GOGREEN” Learning Model. Specialusis Ugdymas, 1(43), 8963–8988.

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Parid, M., & Rosadi, R. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1285

Rifki, M. (2023). Internalisasi Nilai Kesantunan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sekolah: Studi pada SMA Negeri 1 Pamanukan Subang [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/90863

Rifki, M., Riyadi, A., & Hasanah, H. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Musik Anak Melalui Kegiatan Bermain Musik Dengan Barang Bekas Pada Kelompok B TK Alam Istiqomah Kecamatan Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2(1), 76–89.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., & Supriadi, U. (2022). Students’ Religious Character Development based on Exemplary: Study at MA Miftahul Huda Subang. Specialusis Ugdymas, 1(43), 7771–7787.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Ropei, A. (2020). Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(02), Article 02. https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i02.4259

Ropei, A., Alijaya, A., Hasan, M. Z. A., & Fadhil, F. (2022). Rethinking the Minimum Age of Marriage Law in Indonesia: Insights from Muḥammad ‘Ābid al-Jābirī’s Epistemology. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 56(2), 245–264.

Ropei, A., Huda, M., Alijaya, A., Fadhil, F., & Zulfa, F. (2023). Managing ‘Baligh’in four Muslim countries: Egypt, Tunisia, Pakistan, and Indonesia on the minimum age for marriage. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 16(1), 112–140.

Sulaeman, D., Rifki, M., & Utami, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBUATAN KEMBANG KELAPA PADA KELOMPOK A DI TK MAHABBAH KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG. PEDIAMU: Journal of Education, Teacher Training and Learning, 2(1), 55–68.

Syukur, A., Komarudin, O., Marjani, G. I., & Kahmad, D. (2021). Muslim Baduy: Conversion and Changing Identity and Tradition. Jurnal Penelitian, 181–196.

Tarlam, A. (2015). ANALISIS DAN KRITIK METODE HERMENEUTIKA AL-QUR’AN MUḤAMMAD SHAḤRŪR. EMPIRISMA, 24(1). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i1.10

Tarlam, A. (2022). Hermeneutik dan Kritik Bible. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 1(2), 103–118.

Tarlam, A. (2023a). HUBUNGAN AHKLAK TASAWUF (MORAL ETHIC) DALAM LAW AND SOCIAL CHANGES DI INDONESIA. De Jure Muhammadiyah Cirebon (DJMC), 7, 15–20.

Tarlam, A. (2023b). Potensi Hebat Manusia Perspektif Islam. Journal of Islamic Studies, 1(3). https://scholar.google.com/scholar?cluster=14145874365402098965&hl=en&oi=scholarr

Tarlam, A. (2023c). Strategi Rasulallah Dalam Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Al-Mau’izhoh, 5, 226–241.

Tarlam, A. (2023d). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68.

Uripah, U., Rifki, M., & Komarudin, O. (2023). Upaya Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam Kelompok A RA Darul Ma’arif Pamanukan Subang: Meningkatkan karakter anak dengan media bahan alam. JUPIDA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda, 1(1), 43–56.

Utami, I. H., & Parid, M. (2021). The Role of Pai Teachers in Building Children’s Religious Attitudes In the Industrial Revolution 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–72.

Yuhana, Y., & Tarlam, A. (2023). Memahami Tugas Manusia Dari Segi Agama Islam. KAMALIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–44

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Alam Tarlam, Ernawati, & Fikriatul Azizah. (2023). Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/bakti/article/view/400