PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Keywords:
pembelajaran Kontekstual, Mutu, PendidikanAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang strategis dalam pembentukan akhlak dan pribadi siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum optimal berdampak positif dalam pembentukan akhlakul karima pada diri siswa, terlihat akhlak siswa yang masih mencerminkan akhlak yang tercela, misalnya siswa sering ribut dikelas ketika guru menjelaskan pelajaran, bolos pada jam sekolah, tawuran dan sebagainya. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari Pendidikan Agama Islam yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran kontekstual ketika diterapkan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam
References
Abdullah Abdurrahman Saleh. 1994 Teori-teori Pendidikan berdasarkan Al-Qur’an.(Terjemah, H. M Arifin dan Zainuddin), Jakarta : Rieneka Cipta.
AECT.1986. The Denefinitopn of Educatinal Technology. Washington DC: Prentice Hall.
Ahmad dkk .1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia
Anglin, Gary J. 1995. Instructional Technology, Past, Present, and Future, Second Edition, Englewood-Corolado. Libraries unlimited, INC.
Anonim. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Pasal 1 ayat (1) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Anwar Qomari. 2004. Reorientasi Pendidikan dan Profesi Keguruan, Jakarta: Uhamka Press.
Arends, Richard I 2009. Learning to Teach.Singapore: Mc Graw-Hill International Edition.
Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmaran As. 200. Pengantar studi akhlak. Jakarta: Rajawali.
Barbara L. Martin dan Lestie J. Briggs. 1986, The Affective dan Conitive Domains: Integration for Instruction and Research, Educational Technology Publications Englewood Cliffs, New Jersey.
Depag RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : CV Penerbit J-Art. Departemen Diknas. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan (tp)
Depdiknas. 2008. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP & MTs, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Dewey, J. 1933. How We Think, A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Education Process. Chicago: Henry Regne.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Ensiklopedi. 1999. Hukum Islam, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.
Gegne, E.D. 1981. The cognitive psychology of school learning. Boston: Little Brown.
Hamalik. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, Cucu Sahana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Joyce, B. & Weil, M. 1986. Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall Inc. Englewood Cliffs.
Kerri Contrad and Training links. 2000. Instrctional Design for Web-Based Training. Massachusetts: HRD Press.
Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: Bumi Aksara,
Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: Bumi Aksara,
Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif. Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ngainun Naim. 2011. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Nizar, Samsul. 2000. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta : Ciputat Pers,
Nurhadi. dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBL. Malang: UM Press.
Poerwadarminta. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Prayitno. 2005. Peta Keilmuan Pendidikan. Sosok keilmuan ilmu pendidikan. Jakarta:
Direktorat PPTKPT Ditjen Dikti.
Rachman Shaleh. 2011. Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bulan Bintang.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Ratna Megawati. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Reiser, Robert A, and John V. Dempsey. 2002. Trend and Issues in Instructional Design and Technology, Columbus: Upper Saddle River, New Jersey. Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Ritonga A. Rahman. 2002. Fiqh Ibadah, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran, mengembangkan profesional guru, Jakarta: Radjawali Press.
Sardiman. 2007. Interaksi & motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekamto. 1999. Teori Belajar dan Model-model Pembeljaran. Jakarta: PAU-PPAI UT.
Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional. Jakart: PSAP.
Syafri Anwar 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi, Pandang: UNP Press
Syah Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syaiful Sagala. 2001. Konsep dan Makna Pembelajaran , Jakarta: Prestasi Pustaka. Tabrani
Rusyan, dkk., 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja karya.
Tafsir, Ahmad, 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: Kencana. 2009
Winto. 2011. Konsep dan Model Pendidika Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Yusuf. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Asing, Jakarta: PT Raja Grafindo
Zakiah Daradjat. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Paskalia Yasinta, Etriana Meirista. 2020. “Studi literatur: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematissiswa melalui pendekatan contextual teaching and learning.” Jurnal Pendidikan Volume 2 N.
Muh Husyain Rifa’I, Dkk. 2022. Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif. Cirebon: Yayasan WiyataBestari Samasta.
Zen, Syafril & Zelhendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cimanggis: KENCANA.