Kebijakan Plagiasi

Setiap naskah yang telah disubmit sebelum diterbitkan akan diperiksa kemiripannya menggunakan perangkat lunak Turnitin/Plagiarism Checker. Dokumen harus memenuhi batas kemiripan maksimal 25% untuk dilanjutkan ke proses review/produksi.

Tingkat Plagiasi :

  1. Menjiplak sebagian kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya. Tindakan: Penulis diberi peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar.
  2. Menjiplak sebagian besar artikel lain tanpa kutipan yang tepat dan tidak menyebutkan sumbernya. Tindakan: Artikel yang diajukan ditolak untuk publikasi di jurnal AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education dan Penulis dapat diberi sanksi untuk tidak diperbolehkan publikasi di jurnal AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education.

Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang mereka kirimkan. Jika Artikel tergolong plagiat, maka semua penulis akan dikenai tindakan yang sama.

Jika Penulis terbukti mengajukan naskah ke jurnal AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education dengan secara bersamaan  mengirimkan juga ke Jurnal lain, dan hal ini ditemukan selama proses reviewer atau setelah publikasi, maka diberi tindakan sesuai point 2 di atas dan artikelnya ditarik.

Jika ditemukan tindakan plagiat diluar aturan di atas, editor AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education berhak memberikan tindakan sanksi sesuai kebijakan tim editor.