AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda <p><strong>AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education </strong></p> <p>adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang dengan akses terbuka dan peer-review yang berfokus pada studi kritis pendidikan dasar. Menelisik dinamika belajar siswa pada Pendidikan Dasar (SD/MI). Selain itu fokus juga pada pengembangan pengajaran di pendidikan dasar (SD/MI).</p> <p><strong>Fo</strong><strong>c</strong><strong>us</strong></p> <p>Fokus dan Ruang Lingkup AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education adalah: Pengembangan Kurikulum di (SD/MI), Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di SD/MI, Media dan Teknologi Pembelajaran di SD/MI, Strategi Pembelajaran di SD/MI , Kompetensi Guru di Pendidikan Dasar (SD/MI), Penilaian di Pendidikan Dasar (SD/MI), Psikolinguistik Neuro untuk Anak di Pendidikan Dasar (SD/MI).</p> <p><strong>Scope:</strong></p> <ul> <li>Pengembangan Kurikulum di (SD/MI)</li> <li>Pembelajaran Matematika</li> <li>Pembelajaran IPA</li> <li>Pembelajaran IPS</li> <li>Pembelajaran PKn</li> <li>Pembelajaran Bahasa Inggris</li> <li>Pembelajaran Bahasa Indonesia</li> <li>Pembelajaran Pendidikan Agama Islam</li> <li>Seni dan Muatan Lokal di SD/MI</li> <li>Media dan Teknologi Pembelajaran di SD/MI</li> <li>Strategi Pembelajaran di SD/MI</li> <li>Kompetensi Guru di Pendidikan Dasar (SD/MI)</li> <li>Penilaian di Pendidikan Dasar (SD/MI), Psikolinguistik Neuro untuk Anak di Pendidikan Dasar (SD/MI)</li> </ul> en-US mahbubalbasyari@gmail.com (M. Mahbub Al Basyari, M.Pd.I) mrchandra013@gmail.com (Muhamad Raj Chandra) Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/709 <p>Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang terdapat ketika kegiatan belajar mengajar, diantaranya aktivitas belajar yang membosankan, kurangnya komunikasi antara siswa dan guru atau siswa dan siswa, kurang aktifnya siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya model <em>cooperative learning </em>tipe tebak kata dalam peningkatan hasil belajar siswa. Implementasi model <em>cooperative learning </em>tipe tebak kata terdiri dari langkah-langkah pembelajaran, adapun bentuk-bentuk tipe tebak kata yaitu tebak kata berpasangan, tebak kata kelompok, tebak kata berwaktu dan tebak kata menggunakan media. Dan juga faktor internal dan eskternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara selanjutnya diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada siswa dianalaisis berdasarkan indikator mengenai langkah-langkah model <em>cooperative learning </em>tipe tebak kata, bentuk- bentuk model cooperative learning tipe tebak kata dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini ditemukan hasil yang baik, dapat dilihat dari siswa yang bersemangat, antusias dan lebih aktif saat pembelajaran berlangsung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru telah memberikan peran yang baik kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung. Implementasi model cooperative learning tipe tebak kata dalam peningkatan hasil belajar dapat dikatakan baik, terlihat dari siswa yang semakin bersemangat dan aktif ketika pembelajaran berlangsung, dan pemahaman terhadap materi semakin kuat.</p> Idham Kholid, Pipit Puspitasari Copyright (c) 2024 AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/709 Sat, 21 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peran Guru Kelas dalam Mencegah Terjadinya Bullying https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/706 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan <em>bullying </em>di kalangan siswa semakin mengkhawatirkan. <em>Bullying </em>dapat berdampak buruk pada kesejahteraan siswa, seperti menurunkan rasa percaya diri, meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi, serta menurunkan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan guru kelas dalam mencegah terjadinya bullying, hambatan- hambatan dalam mencegah terjadinya bullying serta upaya dalam pencegahan bullying di kelas VI. Karena pada tingkat sekolah dasar, yang menjadi komponen penting dalam melaksanakan Pendidikan adalah guru kelas. Guru kelas tentunya memiliki tugas utama yang salah satunya adalah melakukan bimbingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara kepada guru lalu diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada siswa dianalisis berdasarkan indikator mengenai peran guru kelas dalam mencegah terjadinya bullying. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkap berbagai strategi yang dapat diterapkan guru kelas, mulai dari membangun hubungan yang kuat dengan siswa, mengajarkan keterampilan sosial, menegakkan aturan sekolah, .pengembangan program anti-<em>bullying</em>, hingga penanganan kasus bullying secara efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pencegahan <em>bullying </em>di sekolah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua siswa</p> Yudi Hadiansyah, Nurul Fadila Copyright (c) 2024 AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/706 Fri, 06 Sep 2024 00:00:00 +0000 Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/710 <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan- permasalahan yang terdapat di dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan secara umum diantaranya adalah keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara suasana kelas yang nyaman, pengelolaan kelas yang belum sesuai dikarenakan masih ada beberapa siswa super aktif menyebabkan kelas tidak kondusif, kedisiplinan siswa sudah mengikuti arahan sesuai dengan tata tertib sekolah. Keberhasilan dari sebuah pembelajaran yang aktif dan kondusif tidak akan lepas dari Keterampilan guru dalam mengelola kelas untuk membuat kelas nyaman dan kondusif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil wawancara kepada guru diinterpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk observasi, wawancara, dokumentasi kepada siswa dianlisis berdasarkan indikator mengenai pengelolaan kelas, kedisiplinan siswa. Setelah analisis data di lakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini diperoleh hasil yang baik, dapat dilihat dari beberapa penjelasan guru dalam pengelolaan kelas, keterampilan guru, dan kedisiplinan siswa. Dengan demikian bahwa kedisiplinan siswa berdasarkan kepatuhan dalam diri terhadap tata tertib sekolah. Dan keterampilan guru dilihat dari cara pengelolaan yang baik dan benar.</p> Muhamad Raj Chandra, Laela Nur Karomah Copyright (c) 2024 AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/710 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Muroja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/707 <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan- permasalahan yang terdapat didalam proses pembelajaran menghafal siswa, secara umum diantaranya: susahnya dalam menghafal Al-Qur’an, rumitnya dalam menghafal Al-Qur’an dan rasa malas ketika menghafal Al- Qur’an. Adapun secara khusus yaitu: susahnya menghafal bacaan mulai dari huruf hijaiyah atau shifatulhuruf, sulitnya menghafal surah-surah pendek karena kurang jelasnya pelafadzan makhorijul huruf, dan kurangnya memahami bacaan-bacaan tajwid akibatnya tidak adanya standarisasi guru terhadap metode. Terciptanya pembelajaran yang berhasil tidak lepas dari metode yang diterapkan. Metode yang diterapkanpun tidak akan terlaksana dengan baik jika tanpa perencanaan yang matang. Perencanaan metode muraja’ah terdiri dari konsep metode muraja’ah, langkah-langkah metode muraja’ah, dan penilaian metode muraja’ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara kepada guru lalu diinterpretasi, dideskripsi, dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi pada siswa dianalisis berdasarkan indikator mengenai konsep metode muraja’ah, langkah-langkah metode muraja’ah, dan penilaian metode muraja’ah. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini diperoleh hasil yang baik, tentunya hal ini dapat terlihat dari yang ditunjukkan oleh peserta didiknya yang lebih mudah dalam menghafal, lebih semangat, dan cepat tambah hafalan. Hal ini menyatakan bahwa guru dalam proses pembelajaran telah melengkapi perannya sebagai tenaga pendidik yang mampu dalam meningkatkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an, terutama dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru telah memberikan peran yang baik kepada siswanya dalam proses belajar mengajar. Penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an ini dikatakan baik, terlihat dari siswanya yang tidak kesulitan dalam menghafal, lebih mudah menghafal, dan lebih semangat dalam menghafal Al-Qur’an.</p> M. Mahbub Al Basyari, Umar Al faruk Copyright (c) 2024 AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/707 Sun, 29 Sep 2024 00:00:00 +0000 PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN MORAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/593 <p>Perkembangan moral anak usia sekolah dasar berada pada tahap prakonvensional dan konvensional. Orang tua sebagai pendidik bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak, termasuk dalam perkembangan moral. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam perkembangan moral pada anak usia sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam perkembangan moral pada anak usia sekolah dasar adalah a) member pesan atau nasihat,&nbsp; b) mengajak berdiskusi atau tanya jawab, c) mengajak anak untuk merasakan suatu peristiwa atau kondisi, d) member contoh atau keteladanan, dan e) mengikutsertakan anak ke Taman Pendidikan Alquran (TPA). Hambatan yang ditemukan orang tua dalam mendidik moral anak adalah pengaruh lingkungan, <em>gadget</em>, dan karakter anak. Polaasuh yang lebihv banyak digunakan orang tua dalam mendidik moral anak adalah pola asuh demokratis dan otoriter.</p> Noven Kusainun Copyright (c) 2024 AL-HUDA: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/593 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000