Pengaruh Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Membaca Siswa di Kelas IV MI Insan Cita Istiqomah Binong

Authors

  • Muhammad Dzulqarnaen a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"STAI Miftahul Huda Subang";}
  • M.Mahbub Al Basyari STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Metode Speed Reading, Pembelajaraan Bahasa Indonesia, Kemampuan Kembaca Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode Speed Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca siswa di kelas IV MI Insan Cita Istiqamah Binong secara kuantitatif deskriptif. Metode Speed Reading merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman teks.Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas IV sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan membaca yang terdiri dari tes kecepatan membaca dan tes pemahaman teks. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti pembelajaran dengan metode Speed Reading, kemampuan membaca siswa berada pada tingkat sedang dengan rata-rata kecepatan membaca 100 kata per menit dan tingkat pemahaman teks sebesar 60%. Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Speed Reading selama 10 sesi, terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa. Rata-rata kecepatan membaca meningkat menjadi 200 kata per menit dan tingkat pemahaman teks meningkat menjadi 80%. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode Speed Reading memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa di kelas IV MI Insan Cita Istiqamah Binong. Metode ini efektif dalam meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman teks siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode Speed Reading dapat diimplementasikan secara lebih luas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Insan Cita Istiqamah Binong guna meningkatkan kemampuan membaca siswa

Published

10/02/2023