Penerapan Metode Outdoor Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 3 Subang Cicadas Binong Subang

Authors

  • Fika Nurhikmah a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"STAI Miftahul Huda Subang";}
  • Adi Abdurahman STAI Miftahul Huda Subang

Keywords:

Metode Outdoor Learning, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Aktivitas belajar IPA masih dianggap membosankan oleh beberapa siswa. Dikarenakan pembelajaran IPA yang hanya begitu-begitu saja. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan-permasalahan yang terdapat didalam proses pembelajaran IPA secara umum diantaranya: pembelajaran yang monoton, aktivitas pembelajaran yang membosankan, dan kurang aktifnya siswa ketika pembelajaran dikarenakan pembelajaran IPA yang hanya begitu-begitu saja. Yang diakibatkan tidak adanya standarisasi guru terhadap metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode outdoor learning terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA. Objek penelitian berada di kelas IV MIN 3 Subang. Penelitian iniĀ  menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada tahap selanjutnya, hasil dari wawancara kepada guru lalu di interpretasi, dideskripsi dan dianalisis. Khusus untuk hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada siswa dianalisis berdasarkan indikator mengenai perencanaan metode outdoor learning, bentuk-bentuk metode outdoor learning dan Aktivitas belajar. Setelah analisis data dilakukan, peneliti mengecek keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian menyusun laporan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil analisis yang penulis lakukan dari penelitian ini diperoleh hasil yang baik, tentunya hal ini dapat terlihat dari yang ditunjukkan oleh peserta didiknya yang lebih antusias ketika pembelajaran berlangsung, lebih aktif dan lebih bersemangat. Hal ini menyatakan bahwa guru dalam proses pembelajaran telah melengkapi perannya sebagai tenaga pendidik yang mampu dalam meningkatkan pembelajaran IPA, terutama saat proses belajar siswa lebih aktif, dan semangat ketika didalam lingkungan madrasah maupun diluar.

Published

10/02/2023